Fenomena Musik Grunge di Indonesia

 
    Di Indonesia sendiri pergerakan musik grunge tidak terlepas dari band grunge fenomenal yang pernah menggemparkan dunia di tahun 90-an yaitu Nirvana. Sebagian besar musisi grunge di Indonesia sangat mengidolakan Kurt Cobain, vokalis dari Nirvana itu sendiri dan menjadikan Kurt sebagai panutan dalam bermusik dan juga mempengaruhi gaya bermusik band-band grunge di Indonesia. Salah satu contoh yang gue tahu yaitu Ariel dari band NOAH.

     Ariel NOAH meskipun dia memiliki band yang bukan beraliran grunge, namun gaya bermusiknya dan gaya vokalnya terpengaruh oleh band-band grunge. Sebelum NOAH, band Ariel yang dulu yaitu Peterpan...suka mengcover lagu-lagu dari Creed, The Calling, Goo-Goo Dolls, dll. Band-band yang notabene terkenal dengan aliran alternative rock/post-grunge. Ariel sangat mengidolakan Kurt Cobain, sewaktu di acara televisi dia mengcover lagu "Smells Like Teen Spirit" dengan aransemen yang berbeda. Kemudian dia memutuskan untuk membuat band Peterpan, awalnya banyak mengcover lagu dan setelah itu mereka pede menyanyikan lagu karya mereka sendiri.

     Jiwa grunge Ariel kembali muncul setelah Peterpan pecah dan dia sempat kena kasus skandal video sex yang membuat heboh seluruh Indonesia. Setelah dia sadar dan keluar dari penjara dia membentuk grup band bernama NOAH, dari gue pribadi ada beberapa lagu NOAH yang memiliki feel grunge seperti contoh di lagu Hero, Seperti Kemarin dan Hidup Untukmu Mati Tanpamu, suara berat dan serak Ariel muncul di part-part tertentu.

       Selain Ariel juga banyak musisi yang di pengaruhi seperti Nugie dan Bunga Band. Gue awal tahu Bunga Band gara-gara si Anda Perdana gitarisnya Bunga yang terkenal lewat lagu "Tentang Seseorang". Gue iseng buka youtube ternyata Bunga sudah pernah manggung di Radio Show Tv One, Radio Show itu adalah wadah untuk musisi-musisi independen yang ingin menunjukan skill dan kualitas terbaik mereka agar orang bisa melihat perbedaan yang disuguhkan band-band dari berbagai aliran di Radio Show. Ada satu hal yang gue suka di Radio Show meskipun mereka berbeda-beda genre namun mereka menaruh rasa hormat yang besar sesama musisi...SALUTE MAN !!

        Musik grunge di Indonesia juga tidak semua orang bisa menikmati, karena aliran ini termasuk aliran underground yang berdistorsi tinggi dan juga vokal yang kasar dan emotional. Di Indonesia sendiri lebih suka dengan musik yang slow dan kalem, dan juga easy listening. Namun hal tersebut tidak membuat para pencinta grunge kecewa karena walaupun termasuk kalangan minoritas namun mereka memiliki sebuah komunitas yang solid dan besar. Oleh karena itu grunge di Indonesia tidak mau tergabung dengan major label yang ada. Karena jika masuk major label mereka jadi tidak bisa bebas mengekspresikan nada musik sesuai keinginan mereka karena harus di sesuaikan dengan kebutuhan pasar. Salah satu contoh dari band metal yang dulu terkenal gahar sebut saja Betrayer. Setelah di tinggal vokalis yang lama dan digantikan vokalis yang baru, Betrayer masuk ke major label dan yang terjadi adalah aliran musik mereka jadi berubah drastis dari thrash metal berubah jadi slow pop rock.

          Namun hal tersebut tidak terjadi pada musisi grunge, karena musisi grunge kebanyakan mereka idealis dan bermain musik bukan hanya untuk mencari keuntungan semata, namun benar-benar penghibur sejati dan juga terbukti memiliki kualitas yang bisa di katakan go-Internasional. Ada beberapa band grunge Indonesia yang paling berhasil dan sudah go-Internasional pula sebut saja Navicula dan Cupumanik. Dua band ini awalnya tidak terkenal sama sekali namun seiring perkembangan zaman dan proses yang panjang mereka mampu membuktikan kepada warga Indonesia. Mereka adalah band yang membuat bangga Indonesia dan yang hebatnya lagi vokalis Navicula yang bernama Gede Robi Supriyanto, selain musisi grunge dia juga aktivis pemerhati lingkungan dan sudah berkali-kali mendapatkan penghargaan. Dia adalah contoh kecil dari sebagian orang yang berhasil dan menjadi motivasi bagi orang-orang Indonesia...GOOD JOB,, BLI.

     
     Selain Navicula dan Cupumanik masih banyak band-band grunge yang bermunculan seperti Toilet Sounds, Rumah Sakit, Coburn, Respito, Besok Bubar, Konspirasi, dan Alien Sick. Dan ada juga yang dulunya musisi solo yaitu Marcello Tahitoe dulu adalah seorang penyanyi pop rock, namun setelah kenal dengan musik grunge hidupnya jadi berubah total. Marcello Tahitoe dengan rambut pendeknya kini berubah menjadi seseorang dengan rambut panjang, brewok dan juga kumis yang lebat. Gaya yang serupa dengan Dave Grohl yaitu vokalis dari band Foo Fighters ini memang unik. Marcello Tahitoe atau yang akrab di sapa Ello mengaku dia mengidolakan Dave Grohl hingga gaya dan aksi panggungnya sama persis dengan Dave Grohl. Gue pernah baca koment di Instagram pribadi dia dan banyak yang menjulukinya Papa Dave dari Indonesia.

       Grunge sebenarnya bukan hanya musik namun lebih dari musik, terbukti grunge banyak merubah hidup seseorang. Grunge terkenal dengan style baju kemeja flannel kotak-kotak dan celana pendek ala Denim. Musisi grunge lebih banyak menyuarakan tentang kehidupan sehari-hari dan juga isu tentang politik, sosial, dan juga tentang lingkungan. Lirik-lirik yang ada di musik grunge benar-benar tegas dan keras namun tidak semua band grunge berlirik negatif, gue ambil contoh Navicula band grunge yang lebih banyak menyuarakan tentang lingkungan dan juga alam. Meskipun grunge termasuk kategori musik underground yang keras, namun mereka sangat anti dengan kekerasan dan juga perpecahan yang terjadi di Indonesia. Keras bukan berarti kasar, mereka adalah manusia biasa yang ingin menyuarakan apa yang mereka tidak suka dan di tuangkan ke dalam lirik lagu dengan nuansa dan cara bernyanyi yang emosional itulah grunge. Sesungguhnya mereka adalah penghibur dan pemusik sejati yang selalu bisa menyenangkan hati orang-orang yang suka dengan karya mereka.

Mungkin barang kali ada yang belum pernah lihat video Ariel mengcover lagu "Smell Like Teen Spirit" dan membuktikan bahwa dia adalah anak grunge sejati, Ingin tahu videonya...Simak dibawah berikut ini :


                 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.